PERTOLONGAN PERTAMA PADA MOBIL INJEKSI MOGOK

Mobil-mobil produksi terbaru saat ini rata-rata sudah tidak lagi didukung dengan sistem karburator, namun didukung dengan menggunakan sistem injeksi. Mobil yang menggunakan komponen karburator bekerja secara manual sehingga tidak membutuhkan daya listrik. Sehingga saat mobil-mobil tersebut mengalamo mogok, mobil dapat didorong sehingga menyebabkan bahan bakar dapat masuk ke ruang pembakaran yang mana membuat mobil kembali menyala dikarenakan busi yang mudah membakar bahan bakar yang ada di ruang pembakaran. ads Dan tentu saja cara ini sangat jauh berbeda dibandingkan mobil injeksi yang bekerja dengan membutuhkan daya listrik. Kerja sistem injeksi sangat membutuhkan aliran listrik. Sistem injeksi tidak dapat bekerja jika tidak ada aliran listrik yang dapat mengalirkan bahan bakar. Sehingga saat mobil injeksi mengalami mogok, anda tidak bisa mengatasinya dengan mendorongnya sekalipun. Lalu bagaimana cara memperbaiki mobil injection mogok ketika berada di tengah jalan? Sebaiknya cari tahu penyebabnya terlebih dahulu sehingga ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dikutip dari showroommobil.co.id Berikut kemungkinan penyebab mobil injeksi anda mogok :

baca juga : buku manual semua kendaraan

1. Kondisi Busi Rusak 
Salah satu penyebab utama mengapa mobil injeksi mengalami mogok dapat dikarenakan kondisi busi yang sudah rusak. Busi yang rusak, mati, dan tidak bekerja akan mempengaruhi sistem injeksi mobil anda. Hal ini yang kemudian menjadi penyebab mobil jalan tersendat-sendat dan brebet. Untuk mengeceknya, anda perlu melakukan pengecekan pada komponen-komponen di dalam busi mobil. Cobalah untuk mengatur kembali kerenggangan yang terjadi pada celah busi. Jika kondisinya sudah terlalu parah, maka sudah seharusnya anda menggantinya dengan komponen busi yang baru.
2. Kondisi Filter Fuel 
Plump Yang Kotor Komponen filter fuel plump yang kotor juga menjaid penyebab mobil injeksi dapat mogok dketika dikendarai. Kotoran-kotoran yang ada di dalam filter fuel plump dapat menyumbat yang kemudian menyebabkan suplay bahan bakar berkurang yang kemudian membuat mesin injeksi mogok di tengah jalan. untuk mengatasi kerusakan ini anda bisa mengatasinya dengan cara membongkar filter yang berada di dalam fuel plump. Setelah itu mulailah bersihkan segala kotoran dan debu yang menempel pada filter fuel plump. Jika kondisinya tidak memungkinkan maka segera ganti dengan komponen baru.

baca juga : Buku manual kendaraan roda 2

3. Fuel Plump Rusak 
Tidak hanya kondisinya yang kotor saja, jika fuel plump mengalami kerusakan yang menyebabkan tidka bekerja maka membuat mesin mobil mogok tidak bisa distarter. Kerusakan yang terjaid pada fuel plump menyebabkan tekanan pada bahan bakar berkurang, bahkan kondisi terparahnya adalah mobil tidak bisa dinyalakan sama sekali. Maka jalan satu0satunya untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan penggantian komponen fuel plump dnegan yang baru. Sponsors Link
4. Throttle Position Sensor (TPS) Bermasalah 
Kerusakan pada TPS juga menjadi penyebab mengapa mobil injeksi dapat tiba-tiba mogok di jalan ketika dikendarai. Hal ini pula yang kemudian menyebabkan rpm mesin mobil menjadi naik turun dan menyebabkan mobil tersendat-sendat ketika di jalan. Untuk melakukan pengecekan, anda bisa melihat langsung pada bagian sensor tersebut. Sensor ini berada pada bagian throttle body, namun jika anda tidka mengetahui komponen sensor terlalu dalam, maka anda bisa mencoba membawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh teknisi yang sudah ahli.

loading...