PERTOLONGAN PERTAMA PADA MOBIL INJEKSI MOGOK PART 2

gambar jumper obd2 untuk membaca kode MIL


Setelah mengetahui penyebab mobil mogok, barulah anda bisa melakukan perbaikan agara kondisi mobil anda bisa kembali normal. Namun jika anda belum tahu apa hal pasti yang memicu mobil injeksi mogok, maka anda bisa melakukan langkah-langkah deteksi kerusakan dengan metode-metode di bawah ini.

1. Diagnostic Normal Mode (DNM)
Jika anda ingin menggunakan metode ini, anda hanya perlu menyiapkan jumper diagnostic box. Anda dapat melihatnya pada stiker yang terdapat di bali diagnostic box. Pasanglah kabel pada kode TE1+E1. Sebaiknya kondisi mesin anda nyalakan ataupun dalam kondisi ignition ON saja. Proses diagnostic ini akan membantu anda mendeteksi kerusakan pada mobil injeksi melalui kedipan pada lampu yang ada di lampu check engine. Diagnostic normal ini biasanya mampu mendeteksi kondisi pada 15 komponen mobil.

baca juga : buku manual kendaraan roda 2

2. Diagnosis Test Code (DTC)

Jika metode diganosis normal biasanya tidak dapat mengecek total komponen-komponen mobil yang dapat menjadi penyebab mogoknya mobil injeksi. Untuk itu anda bisa mencoba metide lainnya yaitu Diagnostic Test Code. Karena selama proses pengecekan mobil dalam kondisi mati, maka penting untuk mengetahui 3 kode yang mencangkup selama proses diagnosa dilakukan.
  • Kode 22, hal ini untuk memperlihatkan apakah suhu engin berada pada temperatur diatas 80 derajat celcius atau tidak. Sehingga memperlihatkan ciri ciri mobil overheating atau tidak
  • Kode 31, menunjukkan waktu pengapaian apa berada tetap di angka 50 sebelum TMA. Kode ini juga menunjukkan kondisi tekanan absolut manifold pakah berada pada 46,7 kPa. Sehingga menunjukkan proses pengapian pada mobil berjalan normal atau tidak.
  • Kode 41, menunjukkan apakah throttle position tetap pada posisio atau tidak, sehingga sensor dapat bekerja dengan normal.

Jika anda menemukan kode-kode diatas ketika anda mendeteksi kerusakan, maka ECU dengan otomatis mengubah mobil pada mode fail safe.  Cara mengatasi mobil injeksi mogok sangat efektif untuk anda lakukan dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi. Namun pastikan sebelum anda melakukan DTC, kondisi throttel valce sudah menutup, posisi transmisi netral, serta semua switch aksesori pada mobil dalam kondisi OFF. Jangan lupa untuk mengetahui  cara merawat mesin mobil injeksi sehingga mobil anda selalu dalam peforma yang terbaik setiap saat. Nah itu tadi beberapa cara memperbaiki mobil injeksi mogok yang dapat anda lakukan, Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

loading...