Pemeriksaan Sistem Pendingin Sebelum Mobil Diajak Jalan-Jalan

Kendaraan mogok di tengah jalan akibat overheating atau kelebihan panas pada mesin, tentu bukan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Namun perlu diketahui salah satu penyebab over heating atau kelebihan panas pada mesin adalah kurang maksimalnya sistem pendingin bekerja dalam membuang panas kendaraan.  Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pada sistem pendingin agar mampu bekerja maksimal.

baca juga : Solusi mobil mogok part 1

Pemeriksaan Level Cairan Pendingin

  1. Pengecekan level cairan pendingin pada sistem pendingin modern hanya memerlukan pemeriksaan pada tabung reservoir dan juga memeriksa apakah radiator terisi penuh hingga mencapai bagian atas leher tutup berkatup tekanannya. 
  2. Level cairan pendingin yang selalu rendah pada radiator mengindikasikan adanya kebocoran udara pada sistem. Kebocoran udara akan mencegah cairan pendingin tersedot kembali ke radiator dari botol overflow/pelimpah.
  3. Pada kendaraan model lama yang tidak memiliki botol reservoir diperlukan pemeriksaan visual dengan cara membuka tutup radiator berkatup tekanan dan memeriksa level cairan pendingin pada leher radiator. 
  4. Ingatlah, anda harus berhati-hati jika membuka tutup radiator berkatup tekanan pada sebuah sistem pendingin yang panas. Ikutilah prosedur yang disebutkan dalam buku manual kendaraan. Pada sistem pendingin tanpa reservoir level cairan pendingin yang benar berada di bawah leher radiator saat cairan pendingin dalam keadaan dingin. Hal tersebut disebabkan oleh hilangnya cairan pendingin karena pelimpahan akibat pemuaian yang tidak dikompensasi. Seharusnya level caian berada di atas tabung lubang radiator. Lihat manual servis mengenai level cairan pendingin yang benar. 


Pemeriksaan Penyumbatan Radiator

  1. Selain dilakukan pengecekan visual terhadap adanya kebocoran cairan pendingin dan kerusakan pada tabung lubang radiator dan sirip pendingin, diperlukan juga pemeriksaan visual terhadap adanya penyumbatan eksternal maupun internal. 
  2. Penyumbatan eksternal terjadi dari berkumpulnya serangga, tumbuhan dan partikel-partikel kotoran di sekitar tabung lubang radiator dan sirip. Penyumbatan ini menghambat aliran udara melalui radiator sehingga mengurangi keefektifan serta menyebabkan panas berlebih pada mesin. 
  3. Melalui pemeriksaan visual pada lubang radiator menggunakan senter atau obor untuk memeriksa penetrasi cahaya akan diketahui tingkat penyumbatan. 
  4. Penyumbatan internal terjadi akibat endapan karat, kontaminasi cairan pendingin dan partikel-partikel korosi di dalam tabung lubang radiator. Penyumbatan ini menimbulkan efek mengurangi aliran cairan pendingin melalui radiator, sehingga terjadi pendinginan yang tidak mencukupi pada mesin dan mengakibatkan panas berlebih pada mesin. 
  5. Dengan melakukan pemeriksaan kecil secara visual pada lubang tabung, yang dapat dilihat melalui leher radiator, dapat diketahui adanya kemungkinan penyumbatan radiator. Pemeriksaan yang akurat terhadap perkiraan atas terjadinya penyumbatan tabung hanya dapat dilakukan dengan membongkar masing-masing tangki radiator.
Demikian tips yang dapat digunakan agar mobil siap diajak jalan-jalan tanpa kuwatir akan tiba-tiba mogok di tengah jalan akibat kerusakan sistem pendingin.

loading...